Jumat, 15 Februari 2013

Rejeki Melimpah Dari Bunga Kamboja


Bunga Kuburan, begitulah bunga ini biasa disebut. Pasalnya, tanaman dengan bunga yang indah ini umumnya banyak di kawasan makam atau kuburan sebagai tanaman penghias dan peneduh. 

Bunga yang biasa disebut plumeira atau  frangipani, ini memiliki ciri khas yaitu  bunga berwarna putih dan di tengahnya ada warna kuning. 

Meski masih sekeluarga dengan bunga kamboja jepang atau adenium, perbedaannya terletak pada ukuran bunga yang lebih besar.

Selain biasa digunakan pada acara sembahyangan Umat Hindu, bunga yang biasa dikenal dengan nama Bunga Jepun atau Kamboja ini ternyata memiliki potensi ekonomi yang sangat menggiurkan . Banyak warga yang berebut menunggu dan mengumpulkan bunga ini yang jatuh di makam untuk kemudian dikeringkan.

Yang unik dan seolah menjadi pagar betis alami, warga tersebut tersebut ada yang memiliki kearifan tersendiri untuk tidak langsung mengambil dan merontokkan bunga Kamboja yang masih segar dan menggerombol pada  tangkai bunganya. Mereka hanya mengambil dan mengumpulkan bunga kamboja yang sudah berjatuhan di tanah saja.

Tanaman asal daratan Amerika Tengah ini ternyata tidak sekadar menyimpan keindahan dan keharuman.Bunganya yang telah dikeringkan, lantas ditumbuk halus, banyak dipakai sebagai bahan baku wewangian, kosmetik, industri kerajinan dupa, spa, serta teh herbal. 

Dari informasi teman saya yang tinggal di daerah Pati - Jawa Tengah, harga bunga Kamboja kering itu per kilonya bisa mencapai Rp 100.000 - Rp 120.000. Tentu harga yang sangat menarik untuk bunga kering.


Permintaan dari pangsa luar negeri juga  cukup banyak. Tapi terkendala pada  belum banyak orang  yang membudidayakannya. Beberapa pembeli berasal dari China, Taiwan, dan Korea Selatan. Tapi, pembeli dari China biasanya paling getol mencari bunga kamboja ini. Kabarnya, masyarakat China sangat menggemari racikan bunga kamboja asal Indonesia lantaran kandungan airnya kurang dari 10%. 

Untuk menanam bunga ini sebenarnya sangat mudah karena hanya tinggal menancapkan batang tanamannya ke tanah. tetapi entah karena postur tanamannya yang bisa tubuh dengan besar, tinggi dan rindang tanpa ada buahnya memjadi faktor bagi orang untuk menanamnya.

Bunga kamboja juga dipercaya memiliki banyak khasiat penyembuhan. Misalnya, meredakan demam, menghentikan batuk, melancarkan air seni, menghentikan mencret karena disentri, mencegah pingsan karena hawa panas, dan menghilangkan sembelit.

 
Yang menarik, nama latin  bunga ini yaitu Plumeria diabadikan dari nama seorang botani asal Prancis bernama Charles Plumier sebagai orang pertama yang menemukan tanaman ini ketika melakukan perjalanan ke dunia baru (Amerika) pada abad ke-16. Pada saat itu dia  dalam misi mendokumentasikan flora dan fauna yang ada di sana. 

 
Di beberapa negara,  plumeria disebut Frangipani. Sedangkan di Brasil plumeria dikenal dengan nama Jasmine de Cayenne. 

Di Hawaii plumeria juga dikenal dengan nama Hawaiian lei karena kebiasaan tradisional masyarakat Hawaii menggunakan bunga plumeria sebagai rangkaian Lei atau kalung tradisional Hawaii.
 
Di Indonesia plumeria dikenal dengan nama bunga kamboja padahal asal-usul tanaman ini diperkirakan bukan berasal dari negara Kamboja. Sedangkan  di China, Plumeria dikenal dengan nama bunga telur ayam ( Jïdán Huá ).

Bunga Kamboja ini sendiri ada banyak jenis dan warna. tetapi yang diminati dan tinggi nilai ekonominya adalah kamboja putih ( Plumeria Alba ) atau yang biasa terdapat di makam sehingga menjadikannya dikenal sebagai Bunga Kuburan. 



=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog

Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog   

OLeh-oleh Khas Tuban 


Patung Budha Yang Indah dan Unik Di Jawa Timur 

Kelenteng Dengan Lukisan Kuno Yang Indah  

Jejak Budaya Masa Lampau Di Makam Sunan Bonang

Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur

Bebatuan yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan

Monumen Pesawat Yang Legendaris Di Jawa Timur

Sensasi Memetik Teh Di Kebun Teh Kertowono

Kisah Batu Kodok Di Lamongan

Nasi Boran Yang Khas Dan Nikmat Di Lamongan


Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe

Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta


Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 


Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 

Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong

Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio

Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 

Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  

Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 

Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga


Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 

Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo

Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban

Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 

Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 


Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro

Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya

Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna






================================================================



 








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar